Langsung ke konten utama

contoh cerita inspiratif




“ Botol ”





Ada seorang anak perempuan mengeluh kepada ibunya bahwa ia merasa tidak cantik dan fisiknya kurang sempurna.Dia merasa tidak bisa tampil percaya diri saat didepan umum.Dia merasa malu atas kekuranganya dan tidak tau lagi harus berbuat apa.Disekolah anak tersebut diejek dijauhi bahkan dikucilkan oleh teman-temannya.Si ibu dengan bijak dan tegasnya menasehati dan memotivasi anaknya agar selalu tampil percaya diri dan tidak mempermasalahkan kekurangannya.Sang ibu membawa anaknya keruang tamu.Si ibu menyiapkan lima botol dan mengisinya dengan bahan-bahan yang berbeda.Pada botol  pertama diisi dengan air mineral,pada botol kedua diisi dengan jus buah,pada botol ketiga diisi dengan madu,pada botol keempat diisi dengan minyak wangi yang terkenal,dan pada botol kelima diisi dengan air got.Disaat ibu menuangkan kelima bahan pada botol yang berbeda si anak bertanya kepada ibunya.
“Bu,apa yang ibu lakukan?”.si ibu hanya tersenyum manis dan mulai menjelaskan kepada anaknya apa maksud dari semua ini.
 “Nak,tolong coba amati botol-botol tersebut!” si anak hanya diam dan merasa bingung.Si ibu pun akhirnya menjelaskan bahwa kelimabotol tersebut memiliki nilai yang berbeda jika botol diisi air mineral harganya 3-5 ribuan,jika diisi juz buah harganya 10 ribuan,jika diisi madu harganya 100 ribuan,jika diisi minyak wangi terkenal harganya jutaan,jika diisi dengan air got tidak berharga sama sekali bahkan semua orang tidak ada yang suka dan cepat-cepat ingin membuangnya ke tong sampah.
Dengan bijaknya Si ibu mengatakan “botol yang sama bisa berbeda karena isinya berbeda.Nak,coba kamu ibaratkan botol seumpama dengan manusia. semua manusia pada dasarnya sama,yang membedakan manusia di mata tuhan bukanlah fisiknya akan tetapi keimanan,kejujuran,kemuliaan,kebaikan dengan manusia lain.Hal yang baik dimata tuhan pasti juga baik dimata manusia lainya. Si anak pun hanya terdiam melamun dan mencoba memahami perkataan ibunya”.
Dalam hidup ini segala sesuatu terjadi dalam hidup kita.hal-hal terjadi menimpa kita,akan tetapi kekurangan fisik tidak boleh dijadikan suatu alasan untuk kita tampil tidak percaya diri,lagi pula hidup ini kita yang jalani bukan orang lain jadi jangan pernah malu dengan kekurangan fisik kita semua manusia pasti memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing.



“ Tupai Dan Semut Hitam ” 

  

 




Pada suatu hari,di sebuah desa terpencil ada seorang anak yang sedang duduk didepan teras rumahnya sambil melihat pohon pohon yang dia tanami di halaman depan rumahnya.Dihalaman tersebut ia menanam pohon rambutan, pohon mangga, pohon pepaya.Anak kecil itu sangat senang sekali saat melihat pohon yang di tanamnya berbuah lebat dan siap untuk dipanen.anak itu pun dengan gembiranya menghitung banyaknya buah dan menghitung keuntungan yang akan didapatkannya saat menjual buah itu.Tiba tiba ia melihat seekor tupai meloncat dari pohon satu ke pohon lainya,lalu si anak merasa khawatir dengan keberadaan tupai tersebut.Ia merasa jika tupai akan memakan dan menghabiskan buah yang akan dipanennya.Tiba tiba anak kecil itu terharu ketika melihat gerombolan semut hitam.Sang raja semut hitam tersebut mengumpulkan pasukanya untuk mengusir tupai tersebut.Para semut hitam itu berbaris dari akar pohon yang paling bawah sampai batang pohon paling ata.Tupai yang melihat semut hitam sedang berbaris langsung pergi meninggalkan pohon milik anak kecil tersebut.Konon katanya,semut hitam merupakan musuh dari tupai karena kekompakan semut hitam dan jumlahnya sangat banyak maka tupai tidak berani dengan semut tersebut.
“Mengapa tupai itu pergi ketika semut hitam berbaris?” anak itu bertanya tanya pada hatinya.
Anak itu yakin bahwa tidak ada yang bisa menangkap tupai itu.Tupai adalah binatang yang sangat pandai dalam meloncat karna kepandaianya itulah banyak warga menjadi rugi karena buah panenya dimakan oleh tupai.Karena penasaran si anak mendekati pohonya .Si anak sangat bersyukur karena semut hitam berhasil mengusir tupai dari pohonya.Si anak ternyata mulai teringat tentang suatu pelajaran hidup yang diberikan ibunya pada waktu itu.Ibunya pernah berkata bahwa sepandai pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga artinya di dunia ini tidak ada orang yang sempurna semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihanya masing masing.
Sepandai apapun kita, sehebat apapun kita pasti juga memiliki kekurangan.Tuhan sudah memberikan bakat pada diri kita, maka gunakanlah dengan sebaik baiknya dalam hal positif.Jangan gunakan kelebihan sebagai ajang untuk berbuat sombong kepada orang lain.Tetaplah rendah hati meskipun orang lain tidak sehebat kita

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH CONTOH TEKS DISKUSI

" ANTI TAWURAN " (Pendahuluan)           Tidak bisa dipungkiri bahwa pelajar Indonesia memiiki semangat bersaing yang tinggi, baik secara positif maupun negatif. Hal ini dapat dibuktikan dengan berita mengenai pelajar yang mengharumkan nama Indonesia di ajang-ajang nasional dan internasional. Tetapi, di satu sisi sangat membanggakan, di sisi lain muncul berita mengenai tawuran antarpelajar. Bukankah sudah seharusnya pelajar Indonesia menyalurkan semangat dan tenaganya untuk Indonesia, bukan untuk tawuran? (Gagasan utama, yang disertai dengan bukti dan alasan pendukung–satu sudut pandang)           Menemukan jati diri merupakan salah satu alasan bagi anak-anak muda untuk mengembangkan potensi dirinya. Sebagai makhluk sosial, tidaklah mengherankan bila setelah pulang sekolah, para pelajar berkumpul dan berbagi, sehingga mereka merasa teman lebih dari keluarga. Teman merupakan pilihan yang dirasa paling dekat setelah keluarga yang kadang tidak mau mengerti dan terlalu menuntu

50 Resep makanan anak milenial

-   Menjadi anak kos merupakan pengalaman yang cukup berharga. Pasalnya menjadi seorang anak kos itu bukan cuma sekedar survive dari tempat tinggal yang seadanya, mereka juga harus memikirkan budget untuk makan. Menjadi anak kos membuat seseorang belajar mandiri, di mana harus mengurus semua keperluannya sendiri. Meski harus mengirit banyak hal, namun sebagai anak kos juga harus memikirkan kesehatan. Hal ini tergantung dari pola hidup yang mereka jalani. Sebagai anak kos penting untuk mengonsumsi makanan sehat. Tidak melulu yang mahal, namun kamu tahu bagaimana cara mengolah makanan itu sehingga lebih sehat. Memang beli di luar lebih praktis dan nggak repot, namun untuk kesehatan dan kebersihan belum ada jaminannya. Nah ada baiknya kamu coba untuk memasak sendiri. Selain lebih murah, kamu juga bisa hidup lebih sehat. Nah berikut ini beberapa resep masakan sederhana untuk anak kos. Seperti apa? Berikut lansiran   dari berbagai sumber, Rabu (18/12). POS TERKAIT